Our Blog

Bangun Kesadaran Diri Tenaga Pendidik  Akan Pentingnya “Entrepreneurship” Bagian Konsep Keunggulan Sekolah

Generasi muda Indonesia kini aadalah generasi  yang sangat unik. Mereka merupakan generasi pertama yang hidup pada abad 21. Dalam banyak hal, generasi ini tidak boleh tertinggal dengan dinamika masyarajatnya. Maka, diperlukan intelektual yang praktis yang merupakan bagian penting dari “entrepreneurship”. Perlunya intelektual praktis diharapkan muncul kemampuan untuk berinovasi, membaca situasi, membuat perencanaan yang kalkulatif dan kemampuan mencari masalah.

Petikan tersebut disampaikan oleh Sudarusman kepala sekolah keberbakatan Muhammadiyah Boarding Area Sport Art and Sains SMA Muhammadiyah 10 Surabaya saat acara talk show di acara tabloid udara program suara muslim surabaya pada Rabu 24 Juni 2020. Menurut pengamatannya pendidikan saat ini sangat mengalami banyak perubahan. Perubahan yang terlihat ditimbulkan faktor perkembnagan teknologi, ditambah adanya musibah pandemi corona Covid-19.

Menurut Sudarusman, pendidikan adalah transfer pengetahuan dari generasi ke generasi, untuk itu, harus disadari bahwa semua transfer pengetahuan atau kemampuan yang kita berikan saat ini akan dimanfaatkan di masa yang akan datang. Artinya lonsep sekolah yang pakai hari ini adalah konsep yang diperlukan 15-20 tahun ke depan. Maka dari itu, yang paling tepat sekolah memiliki keunggulan konsep entrepreneurship. Mengapa? Siswa tidak hanya memperoleh pengetahuan umum saja, tetpi juga intelektualitas praktis, “ujar Sudarusman saat mendampingi anak anak alumni SMAM-X di Radio Suara Muslim Surabaya.

Post A Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ustadz Putra

Segera Membalas...