Our Blog

“Kejujuran, Disiplin dan Tanggung Jawab Pilar Penting Pendidikan Akhlak” di Upacara Hari Guru 2019 Sekolah Keberbakatan SMAM-X.

Akhlak merupakan bagian terpenting bagi sebuah pendidikan, maka tidak mungkin pendidikan akhlak dilakukan di sekolah saja. Tapi harus ada kerja sama dengan keluarga bahkan masyarkat. Sekolah, orangtua dan lingkungan merancang dan melaksanakan program pendidikan akhlak bagi anak anak kita yang sangat kita cintai dan kita banggakan.” Petikan itu disampaikan kepala sekolah keberbakatan Muhammadiyah Boarding Area Sport Art and Sains SMA Muhammadiyah 10 Surabaya (MBA Sprtans  SMAM-X) Sudarusman saat menjadi pembina upacara pada Senin 25 November 2019 di gedung SMAM-X Putri Jalan Genteng Dalam 1-3. Menurut Sudarusman pendidikan akhlak harus dimulai dari kehidupan sehari hari baik di kelas ataupun di luar kelas juga dirumah, di antaranya membuang sampah pada tempatnya, melaksanakan tugas dengan tepat dan cepat. Ia juga mengingatkan bahwa kepedulian para siswa akan empati dan simpati menjadi modal utama pendidikan akhlak. Jangan sampai para siswa cuek dan apatis terhadap kejadian yang ada disekelilingnya. Kepedulian itu penting sebagai kontrol terhadap siswa itu sendiri juga orang lain.

Sudarusman juga mengajak pada hari guru ini, dijadikan momen mengevaluasi peogram pendidikan akhlaq yang telah dirancang dan dilaksanakan selama ini oleh SMAM-X. Saya berharap ustdz dan ustdzah mampu menjadi teladan, karena sangat dibutuhkan kependidikan akhlak. “Kerjakan terlebih dahulu, sebelum menyuruh orang lain mengenakan.” Artinya, jika ingin mengembangkan pendidikan akhlak diperlukan disiplin waktu, jujur dan tanggung jawab. Maka ustdz dan ustdzahnya harus melakukan terlebih dahulu, jika tidak, akan sulit berkembang pendidikan akhlak di sekolah kita. Selamat dan sukses semua ustdz dan ustdazah SMAM-X semoga Allah selalu merahmati dan memberikan  kemudahan menjadi teladan bagi siswa siswinya, “ujar Sudarusman mengakhiri sambutannya.

Post A Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ustadz Putra

Segera Membalas...