Our Blog

Kelas Tahfidz SMAM-X Ajarkan Adab dan Etika Terhadap Al-Quran

Previous
Next

SMAPRESTASI.SCH.ID – Kelas Tahfidz Fashohah Balaghoh Quran SMA Muhammadiyah 10 Surabaya (SMAM-X) mengajarkan hal-hal yang berkaitan dengan Al-Quran. Selain memberikan ilmu kepada siswa-siswi tentang hafalan, di kelas tahfidz juga diterangkan bagaimana adab terhadap Al-Quran.

Pembina kelas tahfidz SMAM-X Ustadz Azmi Izuddin menjelaskan beberapa hal yang harus dipunyai oleh seorang penghafal Al-Quran. Pertama adalah berniat membaca Al-Quran dengan hati yang ikhlas dan mengharap ridho Allah SWT.

“Karena hanya dengan ridho Allah lah yang mengantarkan kita kebahagiaan dunia-akhirat. Bukan ingin mencari pujian dari Ustad atau orang lain”. Terang Ustadz Azmi.

Kemudian yang kedua, ketika membaca Al-Quran disunnahkan dan dianjurkan dalam keadaan suci. Maksudnya adalah mengambil wudhu terlebih dahulu. Namun jika membacanya dalam keadaan berhadats dibolehkan berdasarkan kesepakatan ulama.

“Ilmu itu suci, dan akan secara mudah dipahami oleh orang-orang yang suci.” Tutur Ustadz yang juga alumni SMA Muhammadiyah 10 Surabaya itu.

Dan yang terakhir adalah harus takdhim terhadap Al-Quran. Mulai dari etika ketika membawa mushaf, cara menaruhnya dilemari dan cara meletakkannya. Itu semua ada adab dan etikanya.

“Yang terpenting adalah etika ketika membaca Al-Quran. Yakni membacanya harus dengan tajwid. Memenuhi hak-hak hurufnya. Baik sifat lazimah maupun aridhahnya. Karena ketika pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad, Al-Quran sudah dalam kondisi bertajwid. Maksudnya Malaikat mengajarkan Nabi sudah dengan tajwidnya.” Tutup Ustad Azmi.

Semoga kita termasuk hamba Allah yang senantiasa memperhatikan adab kepada Al-Quran. Aamiin.

Post A Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *