Our Blog

Kenalkan Model Pembelajaran Pada Keluarga Besar SMA MUHIPO Melalui Radio Cooperative E-learning SMAM-X

Sebagai sekolah yang menggunakan paradigma pendidikan berbasis luas, di era percepatan pengetahuan dan teknologi tak hentinya SMAM-X menggagas beragam program demi memfasilitasi siswa-siswinya yang memiliki minat dan bakat yang beragam. Diantaranya Era Revolusi Industri 4.0 yang terjadi saat ini dunia pendidikan mau tidak mau harus ikut berubah, karena  berbagai kehidupan masyarakat sudah mulai berubah, jika pendidikan tidak ikut berubah maka akan tertinggal dengan dinamika masyarakatnya. Maka dari itu, sekolah Keberbakatan Muhammadiyah Boarding Area Sport Art and Sains SMA Muhammadiyah 10 Surabaya (MBA Spartans SMAM-X) terus melakukan  revitalisasi sistem pendidikannya, salah satunya  proses belajar mengajar, dengan memanfaatkan teknologi degital dalam bentuk “Radio Cooperative Elearning SMAM-X”

Perubahan proses belajar mengajar di SMAM-X saat ini guru tidak hanya mengajar di kelas, tapi juga harus memiliki kemampuan mengajar di studio radio, dimana seorang guru sebagai pendidik dituntut  agar mampu mengikuti spirit zaman. Maka saat kunjungan sehari PR IPM SMA MUHIPO (SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo) beserta ustdz dan ustdzahnya pada Jum’at 13 Desember 2019, mereka diajak untuk mengenal sistem pendidikan yang ada, diantaranya pola pembelajaran melalui Radio Cooperative Elearning. Dengan harapan, mereka semakin memahami adanya perubahan paradigma  pendidikan dan muncul keberanian meninggalkan yang konvensional.

Menurut kepala SMAM-X Sudarusman, dalam menghadapi percepatan pengetahuan saat ini, sekolah harus tanggap, tidak cukup hanya revitalisasi standar pendidikan yang ada, namun perlu disadari munculnya literasi data dan literasi teknologi akan sangat berdampak pada perilaku siswa. Maka, melalui literasi data tersebut diharapkan siswa mampu mengemas menjadi pusat pengetahuan. “Oleh karena itu,  mu tidak mau paradigma mengajar di sekolah harus mau berubah. Jika tidak berubah, dikuatirkan sekolah akan menghasilkan lulusan yang tertinggal dengan dinamika  masyarakatnya,” ujar Sudarusman

Post A Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ustadz Putra

Segera Membalas...