Our Blog

Komunitas Seni Tari SMAMX Melakukan Inovasi Terus – Menerus

Pendidikan merupakan inti terpenting bagi kemajuan suatu negara. Apa lagi, jika pendidikan yang di tawarkan tak hanya mengenai akademik dan rentetan standar nilai saja, tetapi juga moral dan keterampilan lainnya. Pendidikan semacam itu bisa di peroleh di Muhammadiyah Boarding Area Sport Art and Sains SMAM10 Surabaya SMAM10 salah satu sekolah keberbakatan, yang memfasilitasi berbagai potensi yang dimiliki oleh peserta didiknya masing-masing sesuai dengan passionnya. Artinya sekolah menerapkan pembelajaran yang holistik (karakter, kecakapan hidup dan pengetahuan).

SMAM10 dalam menerapan pembelajaran adalah memfasilitasi, menjadikan siswa sebagai subjek, sekolah benar-benar dipergunakan untuk sekolah, bukan sekedar tempatnya guru mengajar. Tidak terkecuali untuk anak-anak bangsa yg kebetulan kurang memiliki prestasi di dalam kelas. Jadi misalnya kesulitan menguasai kecerdasan akademik. Itu semua di SMAM10 di fasilitasi melalui komunitas-kominitas atau kumpulan para siswa yg memiliki keterampilan yang sama, salah satunya komunitas “seni tari

img-20161125-wa0009

Jadi bagi anak-anak yang tergabung dengan komunitas seni tari, disamping sekolah seperti biasa, waktu terbanyak adalah mengejar prestasi di luar kelas. Meraka banyak menghabiskan waktunya di luar kelas, latihan, mempersiapkan diri untuk tampil di depan publik, tidak terkecuali mengikuti lomba atau kejuaraan. Tentu saja kegiatan itu semua berorentasi demi mendapatkan prestasi di luar kelas, meraka rata-rata sering berkumpul, berdiskusi, saling mengkritisi, setiap apa yang diciptakan. Dari kegiatan inilah siswa yang tergabung di komunitas seni tari terus membangun pola pikirnya mindset kreatif dan inovatif.

Mereka yang tergabung di komuniatas tari SMAM10 dituntut agar selalu berprestasi di luar kelas, dengan harapan para siswa akan muncul percaya diri yang kuat. Maka, siswa akan terpacu untuk melakukan banyak hal, terutama tanggung jawab dan kerja keras serta berani mengambil keputusan. Dan jika itu, dilakukan secara terus menerus , melalui penampilan di depan publik, termasuk lomba dan kejuaraan, siswa akan mengalami proses belajar berdasar pengalam secara riil.

Pembelajaran berdsarkan pengalaman educative experiential learning yang telah dilakukan oleh siswa komunitas seni tari di SMAM10 akan berdampak cukup besar didalam membentuk atau meningkatkan kecacapan hidup, baik kecapan generik maupun kecakapan personal. Jika semua proses permbelajaran itu semua, dirancang dalam sebuah siklus belajar dan mengikutkan setting dunia nyata para komunitas senitari. Namun, jika dilakukan dengan cara-cara yang tidak terencana dengan baik, akan menghadikan siswa yang kurang percaya diri, dan kurang menghargai orang lain serta tidak mengjargai waktu.

img-20161125-wa0001

Berdasar realita di Muhammadiyah Boarding Area Sport Art and Sains atau MBA Spartans SMAM10 yang tergabung di komunitas seni tari, banyak siswa telah merasakan manfaatnya dari pembelajaran holistik. Mereka tidak hanya prestasi di luar kelas, tidak sedikit mereka juga berprestsi di dalam kelas, bahkan menjadi pimpinan organisasi siswa yg ada di sekolah.

Memang akan selalu ada siswa yang tergabung di komunitas seni tari yang berprestasi terhalang oleh kepentingan orang yang ada di sekitarnya. Sangat disayangkan, jika siswa dengan memiliki kompensi yang mumpuni didukung dengan jiwa kreativitas dan inovatif ini harus menghentikan usaha meraih cita-cita mereka. Maka, tugas kita semua baik sebagai keluarga, masyarakat dan sekolah memberikan pemahaman, bahwa pendidikan yang baik adalah pendidikan yang memfasilitasi potensi siswanya berdasarkan passionnya.

Post A Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *