Our Blog

Perspektif Komunitas Guru Bahasa Asing Soal Kesulitan Belajar Bahasa Inggris Bagi Siswa Di Sekolah

Ustdzah Fitri salah satu pengajar Bahasa Inggris di sekolah keberbakatan Muhammadiyah Boarding Area Sport Art and Sains SMA Muhammadiyah 10 Surabaya, juga tergabung di komunitas guru bahasa asing sekolah keberbakatan SMAM-X memberikan perhatian serius terhadap kesulitan para siswa belajar bahasa Inggris, yang saat ini secara terus menerus dilakukan  perbaikan secara bertahap dan terencana karena muncul semakin banyak siswa yang merasa kesulitan bahkan sudah menganggap  bahasa inggis ngak penting.

Menurut pandangan unstdaz Fitri yang waka kesiswaan SMAM -X pada saat pemmbeajaran daring melalui radio kooperatif para Rabu 15 April 2020, angka pelajar bahasa Inggris di seluruh dunia mencapai lebih dari satu miliar dan akan meningkat menjadi dua miliar pada tahun 2020. Peningkatan angka tersebut didominasi oleh pelajar dan profesional dari negara-negara yang tidak menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Perkembangan angka pelajar bahasa inggris di indonesia berbanding terbalik dengan kompetensi berbahasa pinggir para pelajar indonesia. Artinya masih banyak hal, yang perlu mendapatkan perhatian.

Tetapi jika dibandingkan dengan beberapa negara di Asia Tenggara, Indonesia masih kesulitan untuk mengejar tingkat kecakapan berbahasa Inggris. Menurut Ustdzah Fitri, beberapa faktor menjadi alasan sulitnya belajar bahasa Inggris di sekolah. Salah satunya adalah metode belajar mengajar yang hanya berorientasi pada materi ajar di kelas yang baku dan tidak mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari  terutama dimana para siswa bertempat tinggal.  Padahal, metode pembelajaran yang tepat  dan kontektual akan mempercepat proses belajar bahasa Inggris di sekolah.

Post A Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *