Our Blog

Proyeksi Surabaya 2015, Apa Saja Yang Baru?

11079_9343_OKE---Box-Culvert-Sukomanun
Rancang Box Culvert agar Tahan 100 Tahun.

 

Tahun ini Surabaya harus semakin baik. Kota ini harus semakin maju. Pelayanan publik di semua bidang harus lebih istimewa. Para pimpinan di kota ini telah memiliki seabrek program untuk mewujudkan harapan tersebut.

 

LALU lintas Surabaya memang tidak sepadat Jakarta. Namun, jika tidak ditangani dengan baik, lima tahun lagi kemacetan di kota ini bisa lebih parah daripada Jakarta. Padahal, potensi terbesar Surabaya adalah kota perdagangan dan jasa yang bergantung pada lalu lintas barang.

Kekhawatiran tersebut cukup sering diungkapkan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Karena itu, dia begitu antusias mempercepat pembangunan angkutan masal cepat (AMC) berbasis trem dan monorel. Hampir seluruh pendanaan proyek tersebut ditanggung pemerintah pusat dan PT Kereta Api Indonesia (KAI). Pemkot tidak akan terlalu banyak mengeluarkan biaya untuk proyek yang dimulai tahun ini dan diperkirakan bisa berfungsi dua tahun lagi itu.

Tetapi, pemkot juga tidak berpangku tangan begitu saja. Mereka terus sibuk mencari cara untuk mengurai kemacetan. Caranya, memecah arus lalu lintas dengan pembuatan jalan-jalan besar di timur dan barat.

’’Kota ini terus tumbuh dan kami harus terus membangun infrastruktur yang memadai,” kata Risma yang ditemui di ruang kerjanya, Selasa lalu (30/12).

Sejauh ini, yang sudah dimanfaatkan adalah jalan middle east ring road (MERR) yang dinamai Jalan Dr Ir Soekarno. Tahun ini pemkot membangun lagi jalan di sisi lebih timur dari jalan tersebut. Jalan lingkar luar timur (JLLT) itu hampir mendekati kawasan pantai timur Surabaya (pamurbaya), tapi masih agak jauh dari lahan konservasi.

JLLT akan membentang dari Gunung Anyar hingga Kenjeran sepanjang 16,5 kilometer. Jalan dua jalur itu memiliki masing-masing empat ruas. Total lebarnya mencapai 60 meter. Dilengkapi pula jalur lambat. Maklum, jalan tersebut melintasi beberapa perumahan padat.

Tidak semua pembangunan jalan itu menggunakan dana APBD. Pemkot telah bekerja sama dengan pengembang untuk pembangunan beberapa ruas jalan tersebut. Pembangunan itu akan dihitung sebagai sarana dan prasarana yang harus diserahkan pengembang kepada pemkot. Hal serupa akan diberlakukan pada jalan lingkar luar barat (JLLB).

Risma menuturkan, pembangunan jalan itu menjadi penopang yang cukup memadai untuk pengembangan kawasan. Dia lantas mencontohkan pembangunan MERR yang bisa menghidupkan kawasan yang dilewati seperti Rungkut, Sukolilo, dan Mulyorejo. Harga tanah di sekitar jalan tersebut naik sangat signifikan. ”Yang terpenting, warga bisa mengambil manfaatnya. Intinya, kita harus bisa menjadi tuan di negeri sendiri,” tutur mantan kepala badan perencanaan pembangunan kota (bappeko) itu.

Pemkot juga akan mengalokasikan APBD untuk pembangunan saluran. Pemkot memang sedang berupaya keras untuk mengurangi kantong-kantong genangan air di beberapa wilayah. Air hujan dialirkan melalui box culvert dan disedot untuk dibuang ke laut. ”Untuk jalan dan jembatan, totalnya sekitar Rp 1,3 triliun,” ungkap Risma.

Box culvert yang dipasang juga tidak sembarangan. Ada yang kedalamannya 2,5 meter. Semua itu dilakukan untuk menjamin agar fungsinya tetap bagus selama seratus tahun ke depan. ”Membangun kota besar seperti Surabaya tidak boleh setengah-setengah. Sekalian yang bagus,” ujarnya dalam kesempatan lain.

Secara umum, prioritas pembangunan Surabaya memang diarahkan pada infrastruktur. Dengan langkah-langkah semacam itu, pemkot berharap stabilitas ekonomi di Surabaya tetap terjaga. Pemkot memprediksi, pertumbuhan ekonomi pada 2015 bisa mencapai 7,3–7,8 persen. Pada 2014 pertumbuhan ekonomi Surabaya juga mencapai level yang sama. Sedangkan prediksi inflasi berada pada angka 4,3–5,5 persen.

Secara berkala, pemkot mengundang pengusaha yang bergerak di bidang distribusi bahan pokok. Tujuannya, harga di pasaran tetap stabil dan terjangkau. Bila ada gejolak seperti kenaikan bahan bakar minyak (BBM) atau menjelang Lebaran, pemkot langsung mengintervensi melalui operasi pasar. Lokasinya tidak di pasar, tapi di perkampungan untuk mengurangi permintaan barang. Harga pun bisa ditekan.

Selain menjaga mekanisme pasar, pemkot berupaya mempermudah perizinan. Temuan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) tentang pungli di beberapa kantor layanan publik menjadi saran yang berharga untuk perbaikan perizinan. Kesan pengurusan izin yang rumit dan ribet akan diubah menjadi lebih mudah dan terjangkau.

Misalnya, pengurusan izin mendirikan bangunan (IMB) yang tidak perlu menggunakan gambar komplet. Misalnya, gambar potongan, tapak, dan desain atap. Cukup dengan denah saja.

Selain itu, pegawai dinas cipta karya dan tata ruang (DCKTR) ditempatkan di kecamatan. Rencananya, tahun ini ada 15 kecamatan yang dipakai sebagai percontohan. Pegawai DCKTR akan membantu pemohon IMB rumah tinggal untuk memproses izin. Tentu tanpa bayaran sepeser pun. Petugas yang meminta uang bisa langsung dilaporkan ke dinas.

 

Tahun Politik

Masa kerja Risma sebagai wali kota berakhir pada tahun ini. Itu berarti pemilihan wali kota diperkirakan dihelat pada akhir tahun ini pula. Apakah Risma mencalonkan diri sebagai wali kota untuk kali kedua? Sayang, Risma terkesan tidak terlalu suka bila ditanya tentang hal itu.

Alumnus ITS tersebut selalu konsisten bila ditanya soal pencalonan dirinya. ”Sampai sekarang saya tidak kepikiran,” ujar dia singkat saat ditemui Selasa lalu (30/12). Dia bahkan merasa heran karena ada saja orang yang bertanya soal rencana pencalonannya. Menurut dia, menjadi wali kota adalah pekerjaan yang sangat berat. ”Dipikir enak jadi wali kota. Tanggung jawabnya besar,” kata Risma.

Dia lantas mencontohkan aktivitasnya saat musim hujan seperti sekarang. Risma mengatakan harus mengecek kondisi seluruh area di Surabaya saat hujan deras. Dia mengabsen satu per satu petugas rumah pompa untuk memastikan tinggi air level pada posisi aman. ”Di ruang tamu saya ada HT. Saya tidur juga masih pegang HT,” ujar dia. (jun/c7/oni)

Post A Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ustadz Putra

Segera Membalas...