Our Blog

Rasakan Nilai Kebersamaan Pada Program Cross Cultural Understanding

Suasana serius tapi santai terasa Bertempat di ruang Amcor Gedung Perpustakaan Universitas Airlangga, program CCU (23/3) lalu. Saat itu, komunitas bahasa dan Sastra MBA Spartans SMAM10 Surabaya ikut serta dalam program Cross Cultural Understanding (CCU) yang diadakan oleh American Corner. Program ini sudah berjalan beberapa kali, SMAM10 sudah menjalin hubungan dengan American Corner.

Merebaknya media sosial membuat ruang pergaulan meluas hingga pengetahuan dan berita dari seluruh dunia sudah menjadi santapan sehari-hari. Masyarakat khususnya kaum muda kian menyadari bahwa mereka adalah bagian dari dunia bukan hanya bagian dari negaranya saja. Kesadaran ini dimiliki pula oleh siswa-siswi SMAM10 yang tergabung dalam Potensi Bahasa dan Sastra Inggris, maka guna menghadapi percepatan pengetahuan tersebut, para pelajarnya diikut sertakan CCU yang diadakan oleh American Corner.

Rombongan SMAM10 diterima di ruang Amcor Gedung Perpustakaan Universitas Airlangga, program CCU kali ini menghadirkan Sarah Richer dari Prancis. Selama satu jam, Sarah berbagi cerita mengenai gaya hidup dan budaya di Prancis pada siswa-siswi Spartans English Club dan beberapa mahasiswa Unair yang turut hadir. Para anggota English Club berkesempatan bertanya pada Sarah selama sesi sharing bahkan berlanjut hingga acara usai, saat beberapa siswa masih asyik mempraktikkan English-speaking skill berdialog dengan Sarah.

Menurut Ustadzah Gita, pembina komunitas bahasa dan sastra inggris mengatakan, “Kunjungan ke Amcor kali ini adalah yang kedua kalinya dilakukan para member Spartans English Club. Tepat sehari sebelumnya, Rabu, 22 Maret, sebagian member mengikuti program chit-chat yang juga diadakan amcor, yang bertemakan spelling bee,” Ujar pembina yang juga mengajar bahasa Inggris

“Dalam program ini para member berlatih mempraktekkan skill Bahasa Inggrisnya dengan game yang menarik dan menyenangkan, sehingga kepercayaan diri para peserta bisa berekspresi menggunakan Bahasa Inggris semakin terasah,” tambah pembina

Sementara dalam kegiatan belajar di luar kelas tersebut salah satu siswa yang bernama Wildan menyampaikan, “saya merasa senang mengikuti kegiatan ini dan semakin termotivasi untuk belajar Bahasa Inggris. Harapannya kunjungan ke American Corner seperti saat ini agar direncakan menjadi agenda rutin Spartans English Club,” harap Wildan siswa kelas XI IPA 1.

“Selain kunjungan ke American Corner perlu di jajaki tempat-tempat lainnya yang dirasa mampu menggugah dan membakar semangat berbahasa Inggris para siswa yang tergabung komunitas bahasa,” tambahnya kepada tim jurnalis SMAMX.

Post A Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ustadz Putra

Segera Membalas...